Monday, November 14, 2016

2 Sistem Operasi Terbaik Untuk Keamanan Jaringan, Pilih Kali Linux Atau BackBox ?

Kali ini saya akan membahas tentang topik yang tidak pernah surut dibicarakan, apa itu ? yaitu keamanan jaringan, kemanan jaringan ada sebuah usaha untuk mencari celah dalam sebuah jaringan, untuk tujuan memperbaiki dan menghindarkan dari user yang tidak bertanggungjawab.

Banyak topik yang dapat anda temukan di internet, mengenai hacking, misalnya cara hack wi-fi, cara dan masih banyak lagi. Dalam postingan kali ini, saya akan memberi sedikit info mengenai 2 sistem operasi keamanan jaringan yang cukup populer. Yang pertama adalah sistem operasi Kali Linux, dan yang kedua adalah sistem operasi Backbox Linux, keduanya adalah sistem operasi berbasis linux.

Jika anda bingung untuk memilih sistem operasi  yang cocok untuk belajar network security, beberapa gambaran di bawah ini mungkin dapat membantu anda.

1. Kali Linux 

Yang pertama adalah Kali Linux. Kali linux adalah sistem operasi berbasis linux debian yang sangat populer   digunakan oleh para pecinta teknologi yang belajar ilmu hacking. Sistem operasi ini memiliki sebuah slogan "The Quieter You Become, the More You are Able to Hear" . Terdapat banyak tool yang dapat anda manfaatkan untuk belajar hacking, mulai dari information gathering, exploitation, social engineering,stress tenting, dan masih banyak lagi. 
hacking dengan kali linux
Sumber : https://www.kali.org/blog/

Berikut tools yang populer digunakan :

  • Aircrack,Tool yang paling sering digunakan adalah aircrack-ng, apa fungsinya ? dalam tutorial yang saya temukan,baik di website ataupun youtube, aircrack digunakan para attacker untuk melakukan hacking pada wi-fi, dengan tujuan mencari paswword login-nya. 
  • Nmap (Network Mapper). Mengapa tool ini populer digunakan ? nmap adalah tool yang berfungsi untuk memetakan sebuah jaringan, dan mencari berbagai infomasi dalam sebuah jaringan, mulai dari banyaknya host yang aktif, port-port yang terbuka, jenis protokol yang digunakan, bahkan jenis sistem operasi yang digunakan oleh host yang aktif. Tool ini diangap sangat berguna bagi para attacker untuk mencari informasi sebelum melakukan aksinya
  • Msfconsole/Armitage. Dua tool ini termasuk dalam kategori exploitation, tool ini berfungsi untuk mengexploitasi sebuah sistem, tool ini banyak digunakan untuk melakukan kontrol jarah jaruh komputer korbannya dengan mengirimkan payload terlebih dahulu. Untuk lebih rincinya anda bisa cari di internet
  • Sqlmap. Tool ini sering digunakan oleh para hacker untuk menyerang dan mencari celah dalam suatu website dengan memanfaat kesalahan dalam SQL  (Structured Query Language) Sehingga para attacker dapat menyisipkan perintah perintah yang digunakan untuk melihat database sebuah website, teknik ini disebut dengan SQL Injection

2. BackBox Linux

Yang kedua adalah BackBox Linux. Sistem operasi ini termasuk dalam turunan ubuntu, sistem operasi ini memiliki tool yang lumayan banyak, tapi tidak sebanyak kali linux. Meski tool yang dimilki tidak begitu banyak, kalau kita bisa memaksimalkanya, tentunya tidak bisa dianggap remeh sistem operasi hacking yang satu ini. 
hacking dengan backbox linux


Sistem operasi ini dinilai sangat ringan dan cocok digunakan bila komputer atau laptop anda memiliki spesifikasi tidak cukup tinggi. Selain itu dalam backbox linux anda sangat dimudahkan dalam menginstall sebuah paket, misalkan Virtualbox, jika anda ingin belajar hacking secara virtual, anda tinggal menambah repository ubuntu, update dan install virtualbox.

Untuk tool yang populer digunakan hampir sama dengan tool yang digunakan dalam kali linux, mungkin akan saya berikan beberapa tool yang sangat membantu,
  • Netdiscover. tool ini berfungsi untuk melihat host yang aktif dengan memunculkan nomor ip dan device yang digunakan, sehingga kita bisa mudah menentukan, mana ip yang digunakan oleh komputer, laptop, dan mana ip yang dugunakan oleh AccesPoint
  • Hash-id. Tool ini sebenarnya juga ada dalam kali linux, yang berfungsi menentukan jenis enkripsi yang digunakan
  • Whatweb. Tool ini termasuk dalam mencari infomasi dari sebuah website atau webserver
Sebenarnya masih banyak lagi tool yang sangat berguna. Hanya saja, sedikit yang saya pahami fungsinya.

Kesimpulan


Setelah memberikan beberapa gambaran dua sistem operasi terbaik untuk hacking seperti di atas, saya akan memberikan kesimpulan, sistem operasi mana yang terbaik untuk belajar hacking. Secara individu saya lebih tertarik menggunakan BackBox Linux, mengapa ? karena sistem operasi hacking ini sangat ringan, dan kita diberi kemudahan dalam menginstall paket, serta tidak terlalu banyak tool yang tidak terpakai. 

Sebenarnya tidak terlalu penting sistem operasi hacking mana yang sebaiknya anda gunakan, selagi anda bisa memaksimalkan sistem operasi tersebut, karena hacking tidak hanya dengan sistem operasi keamanan jaringan dan mengandalkan berbagai macam tool hacking, hacking juga perlu memahami bahasa pemrograma, analisis jaringan, dan logika tentunya, jadi jangan terlalu terpaku hanya dengan sistem operasinya saja. 

Bagikan

Jangan lewatkan

2 Sistem Operasi Terbaik Untuk Keamanan Jaringan, Pilih Kali Linux Atau BackBox ?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

- Komentar yang sopan
- Jangan Spam
- Anti Promo Promo Club
- Free Bully
- Jangan Komen Sara, Prnographi, DLL
- Boleh Share Link Varokah
- Boleh Gelud
- Boleh BAIT