Tuesday, September 12, 2017

Perbedaan Debian 9 dan Debian 8, Download Linux Debian 9.1.0 Terbaru

Update, Download Linux Debian 9.1.0 Terbaru, beberapa bulan yang lalu linux debian telah merilis versi terbaru dari sistem operasi tersebut, yaitu versi 9. Seperti biasanya, linux debian bisa didownload dengan gratis.

Debian adalah varian dari sistem operasi linux yang cukup mudak dioperasikan. Debian sering digunakan baik yang versi desktop untuk kegiatan sehari-hari, dan juga versi server untuk kebutuhan jaringan. Jika sebelumnya saya membuat beberapa tutorial menggunakan debian 8, mungkin mulai sekarang saya akan mencoba untuk membuat tutorial menggunakan debian 9.

Perbedaan Debian 9 dan Debian 8. Debian 9 memiliki sedikit perbedaan dengan versi debian sebelumnya, yang saya rasakan saat melakukan praktek server menggunakan versi ini adalah perbedaan dari paket yang digunakan. Berikut akan saya berikan sedikit perbedaan dalam debian 9 dengan debian 8

1. Kita harus install paket net-tools
Untuk bisa menjalankan perintah ifconfig dalam debian 9, kita harus menginstall net-tools terlebih dahulu. Saat ingin mengintall bind9 untuk membangun dns server, kita juga membutuhkan paket tersebut.

2. Cara Mengetahui Ip address Debian 9 
Setelah melakukan fresh install debian, umunya kita akan mengecek ip address dengan perintah ifconfig, namun dalam debian 9 belum terdapat paket tersebut, jadi kita menggunakan perintah ip a  atau ip addr untuk melihat ip address kita.

Perbedaan Debian 9 dan Debian 8, Download Linux Debian 9.1.0 Terbaru
3. Perbedaan Nama Interface 
Pada debian 8, debian 7 dan versi sebelumnya, interface jaringan umumnya menggunakan nama eth0, eth1, dll. Namun, dalam debian 9, default interfacenya menggunakan nama enp0s3. Hal tersebut akan cukup membingungkan jika anda sudah terbiasa menggunakan debian 8.

4. Tidak ada paket Squirrelmail
Setelah saya mencoba untuk membangun webmail server, saya sempat dibingungkan karena tidak ada paket squirrelmail. Sebagai gantinya, kita bisa menggunakan Roundcube untuk membangun webmail server.

5. Paket courier-pop
Saat saya mencoba untuk membuat mail server, dan sebelumnya saya terbiasa menggunakan debian 8, saya juga sempat kebingungan karena tidak ada paket courier-pop, dan saya sempat untuk mengintall paket dovecot. Untuk itu anda harus mengintall courier-base dulu sebelum menginstall courier-pop.

Untuk kesimpulannya saya lebih suka menggunakan debian 8 karena sebelumnya saya terbiasa menggunakan versi tersebut. Namun, saya mencoba untuk membiasakan menggunakan debian 9 .

Dan sebagai informasi untuk anda, ada beberapa paket yang juga diperbarui versinya dalam debian 9, seperti bind9 9.0 => 9.10, atau anda bisa melihatnya di What's New in Debian 9

Jika anda ingin mendowloadn debian 9, anda bisa mendownloadnya di website resminya.


Bagikan

Jangan lewatkan

Perbedaan Debian 9 dan Debian 8, Download Linux Debian 9.1.0 Terbaru
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

- Komentar yang sopan
- Jangan Spam
- Anti Promo Promo Club
- Free Bully
- Jangan Komen Sara, Prnographi, DLL
- Boleh Share Link Varokah
- Boleh Gelud
- Boleh BAIT