Friday, October 21, 2016

Cara Mengatasi Error DNS Server Bind Linux Debian

Cara Mengatasi Error DNS Server Bind Linux Debian - Untuk kali ini saya akan membuat sebuah artikel dengan tema troubleshooting, apa itu ? Troubleshooting adalah  cara yang dilakukan seorang admin server untuk menemukan, mengatasi dan memperbaiki kerusakan  dalam sebuah jaringan, bisa dari sisi hardware dan softwarenya.

Dalam membangun sebuah komputer server, tentunya kita tidak bisa langsung lancar tanpa adanya permasalahan. Hal yang sering terjadi dalam membangun sebuah server linux adalah kesalahan dalam penulisan command dan script, kurang satu simbol saja bisa menyebabkan server tidak berjalan.

Untuk ini saya akan memberikan sedikit cara mengatasi error tersebut, dalam hal ini saya mengambil contoh mengatasi error dns server linux debian 8 . Bisa dilihan gambar dibawah ini, menunjukan bahwa ada kesalahan yang menyebabkan dns server tidak bisa dijalankan.

teknik komputer dan jaringan

Apabila error terjadi seperti di atas, anda tidak perlu terburu buru melakukan pengecekan semua file konfigurasi, Untuk mengatasinya cukup lihat file log anda, dimana anda telah melakukan konfigurasi.


  • #nano /var/log/syslog
  • scroll down kebawah atau, CTRL + W ,V
komputer server

  • Lihat, terdapat error yang memberitahukan bahwa terdapat simbol yang kurang (;) pada file /etc/bind/named.conf.default-zones pada baris ke 33
  • masuk pada file tersebut ,#nano /etc/bind/named.conf.default-zones
  • lalu cek pada baris ke 33, dengan cara tekan CTRL + W ,T 
  • Ternyata benar, pada baris tersebut kurang simbol ( ; )
domain name server

  • Setelah menambahkan simbol tersebut, jangan lupa restart service dan cek lagi
jaringan linux

Dalam membangun sebuah komputer server, banyak permasalahan yang mungkin terjadi seperti,
  • Cara Mengatasi Error DNS Server SERVFAIL, Tidak Bisa Nslookup Domain dan IP
Cara diatas bisa dilakukan dan diterapkan dalam setiap service yang dibangun dalam komputer server. Pada intinya, apabila terjadi error pada komputer server dan service tidak bisa dijalankan, lihat file lognya, disitu akan diberikan informasi tentang dimana terjadi error , apa yang menyebabkan error, waktu terjadi error, dan banyak lain yang sangat berguna bagi seorang admin server.

Itu saja cara mengasi error pada dns server linux debian. Tunggu artikel lainnya, apabila ada kesalahan bisa dimasukkan dalam komentar di bawah.


Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mengatasi Error DNS Server Bind Linux Debian
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

- Komentar yang sopan
- Jangan Spam
- Anti Promo Promo Club
- Free Bully
- Jangan Komen Sara, Prnographi, DLL
- Boleh Share Link Varokah
- Boleh Gelud
- Boleh BAIT