Wednesday, October 19, 2016

Pengertian Jaringan Komputer Client Server dan Macam-Macam Server Linux

Pengertian Lengkap Jaringan Komputer Client dan Server Linux
Cara Membuat Jaringan Client dan Server Linux Debian - Membuat sebuah jaringan bukanlah hal yang sulit, setiap orang bisa mempelajarinya jika ada niat dan kemauan untuk belajar yang kuat. Dalam membuat sebuah jaringan komputer, orang biasa pasti mengertinya hanya internet. Padahal ada banyak yang dinamakan jaringan, misal, LAN (Local Area Network), lan sering disebut juga dengan jaringan lokal, karena sifatnya yang mencakup wilayah yang sempit, kalau WAN ( Wide Area Network) adalah sebuah jaringan yang lebih luas, bisa menghubungkan antar negara atau benua.

Dalam jaringan ada yang namanya peet to peer network, dan ada yang dinakaman client server. Pada kesempatan kali ini saya akan membahasa tentang client dan server linux.

Server adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk meberikan berbagai fasilitas kepada client, ada berbagai service yang ada pada server, disini saya menggunakan server linux debian. Berikut beberapa service server linux debian.

1. DNS Server

Domain Name Server, adalah sebuah server yang berfungsi untuk memetakan sebuah nomor ip menjadi sebuah nama domain dengan tujuan mempermudah membuka sebuah web, kita akan mudah membuka web dengan menulis alamat domain dari pada menuliskan nomor ip nya.


2. Web Server

Web server adalah sebuah server yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah tampilan web, biasanya web server saling berhubungan dengan dns server. Komputer kita akan berfungsi sebagai tempat meyimpan berbagai file php, html, databases, dan hal lain yang berhubungan dengan web, salah satu service web server adalah apache2, server yang sering digunakan untuk belajar linux server.



3. Mail Server

Mail server salah sebuah server untuk saling berkirim email antar user yang ada. Dalam mengirim mail, kita bisa menggunakan fungsi telnet atau nc pada linux, sedangkan dalam windows kita bisa menggunakan microsoft outlook dengan menggunakan protokol smtp. 


4. Web Mail Server

Pada umunya fungsi dari web mail server sama dengan mail server, namun web mail server menggunakan tampilan web. Squirrelmail adalah paket yang biasanya digunakan untuk membuat webmail server


5. SSH Server

Server ini adalah server yang cukup mudah instalasi dan konfigurasinya namun sangat berguna. Dengan adanya ssh server ini, kita bisa melakukan remote jarak jauh komputer server.


6. FTP Server

FTP (File Transfer Protocol )adalah sebuah server yang berfungsi untuk melakukan penyimpanan serta pemindahan data. 

7. NTP Server

NTP (Network Time Protocol)Sama seperti pada windows NTP server pada linux juga berfungsi untuk menyamakan waktu dari komputer client dengan komputer server.

8. Mysql-server

Mysql-server adalah sebuah server yang berfungsi untuk membuat sebuah database, mysql-server sering digunakan dan berhubungan dengan web server.

9. Proxy Server

Proxy server dalam melakukan praktek jaringan, umunya hanya digunakan untuk memblokir sebuah situs, namun fungsi dari proxy server bisa digunakan untuk meyimpan cache konten website. Dengan adanya proxy server sebagai penyimpan cache, kita bisa menghemat penggunaan bandwith

10. Samba Server

Fungsi dari samba server hampir sama dengan ftp server, yaitu sebagai transfer file. Pada ftp server, user bisa mengaksesnya dengan filezilla, web browser atau winscp. Untuk samba server, cara mengaksesnya sama seperti saat melakukan file sharing pada windows.

Itu semua adalah sebagian dari service komputer server yang bisa digunakan untuk praktek anda. 

Komputer Client, tidak akan saya jelaskan secara mendetail karena kita sudah tau apa itu yang dimaksud komputer client. Komputer client dalah komputer yang menggunakan fasilitas yang disediakan server. Komputer client bisa berupa windows, linux desktop, dan sistem operasi lainnya. Untuk mengakses fasilitas dari server, komputer client bisa menggunakan fitur bawaannya, seperti command prompt, ssh, windows explorer dan web browser, namun ada juga yang harus menggunakan software tambahan seperti filezilla, winscp, putty, dll.

Itu saja penjelasan yang bisa saya sampaikan, untuk kurangnya bisa anda masukkan dalam komentar, dan bisa saya jadikan masukan untuk lebih berkembang 


Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Jaringan Komputer Client Server dan Macam-Macam Server Linux
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

- Komentar yang sopan
- Jangan Spam
- Anti Promo Promo Club
- Free Bully
- Jangan Komen Sara, Prnographi, DLL
- Boleh Share Link Varokah
- Boleh Gelud
- Boleh BAIT